Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Listrik Prabayar Dengan Kode Temper

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Listrik Prabayar Dengan Kode Temper – Meteran listrik prabayar merupakan layanan dari PLN yang menggantikan model listrik yang lama. Dengan menggunakan meter listrik prabayar pengguna listrik lebih mudah di bandingkan dengan KWh listrik model lama. Pasalnya dengan menggunakan dengan mengguakan meter listrik prabayar ini pengguna bisa lebih mudah mengontrol dan mengetahui penggunaan pemakaian listrik. Sistem pembayaranya pun lebih mudah karena dengan menggunakan pulsa yang dapat di beli dari konter ataupun bisa beli secara online. Untuk penggunaan listrik prabayar ini pengguna harus mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum menggunakannya, besarnya pulsa listrik prabayar ini yaitu mulai dari 20.000 hingga 200.000.

Perlahan meteran listrik prabayar ini sudah mulai menggantikan listrik model lama atau pasca bayar. Banyak kelebihan yang dimiliki meter listrik prabayar ini karena dengan menggunakan layar digital pengguna dapat mengetahui dan melihat secara langsung penggunaan atau pemakaian listrik yang di gunakannya. Dengan begitu pengguna bisa memantau dan membatasi penggunaan listrik dalam satu bulan agar bisa lebih hemat dan efisien. Namun memang tidak bisa di pungkiri setiap ada kelebihan pastinya ada kekurangan, dan meteran lisrtik prabayar juga memiliki kekurangan yang cukup banyak menuai kritik karena meteran listrik prabayar ini sering mengalami masalah eror. Nah salah satu eror atau masalah yang sering di temukan oleh pengguna listrik adalah muncul tulisan periksa pada meteran listrik pra bayar.

Baca juga : Cara Mematikan Alarm Listrik Prabayar Terbaru 2018

Kejadian muncul tulisan periksa pada layar meteran listrik prabayar ini sering terjadi, mungkin anda juga perna mengamainya. Mungkin bagi sebagian orang yang belum tahu apa artinya tulisan periksa yang muncul di meteran lisrtik akan langsung panik dan bertanya-tanya kenapa kok muncul tulisan periksa di meteran listrik prabayar ? Jika anda mengalamai masalah seperti itu anda tidak perlu khawatir karena itu masalah pada instalansi listrik yang belum benar. Oleh karena sebaiknya anda mempelajari penyabab muncul tulisan periksa pada meteran listrik prabayar berikut ini.

Penyebab Muncul Tulisan Periksa/Eror Pada meteran LIstrik Prabayar

1. Kualitas Kabel

Kualitas kabel menjadi salah satu pemicu penyebab munculnya tulisan periksa pada meteran listrik. Kabel yang di gunakan pada meteran listrik prabayar yang kurang standar menyebabkan munculnya eror pada meteran listrik. Untuk standar kabel listrik yang di gunakan adalah kabel 1,5 mm. Nah oleh karena itu silahkan anda periksa kabel instalansi premier yang anda gunakan apakah sudah memenuhi standar atau belum.

2. Pemasangan Ground

Penyebab ke dua munculnya tulisan periksa pada meteran listrik prabayar yaitu pada pemasangan ground listrik. Untuk pemasangan ground sebaiknya lilakukan  sebelum pemasangan KWh. Karena kalau pemasangan ground sesudah pemasangan KWh bisa menjadi pemicu terjadinya eror.

3. Kerusakan Pada Kabel

Kabel bocor atau terkelupas bisa menyebabkan terjadi konslet. Oleh karena itu periksa kabel Kwh apakah ada yang bocor atau tidak. Jika ada kebocoran pada kabel kemungkinan ini yang menyebabkan terjadinya tulisan eror atau periksa pada meteran listrik prabayar anda.

4. Tegangan Listrik Yang Tidak Stabil

Tegangan listrik yang kurang stabil atau sering naik turun menjadi salah satu pnyebeb munculnya tulisan periksa pada meteran listrik. Tegangan listrik yang kurang stabil biasanya di sebabkan oleh gangguan jaringan sehingga menimbulkan eror.

5. Tombol Temper

Tombol temper sejatinya berfungsi untuk mengamankan atau melindungi bagi orang-orang yang ingn mencoba berbuat ilegal dengan cara membuka meterean listrik. Tomnol temper ini dapat memproteksi dari ganggaun yang di sebabkan dari luar. Jadi bagi anda yang coba-coba untuk membuka meteran dan ingin melakukan hal ilegal pada meteran listrik secara otomatis akan menimbulkan eror atau muncul tulisan periksa pad meteran listrik prabayar.

Itulah bebrapa penyabab yang menimbulkan tulisan periksa pada meteran listrik. Setelah anda mengetahuinya kini anda dapat menganalisa apa yang menyebabkn munculnya tulisan periksa pada meteran lisrtik prabayar anda, dan tentunya anda tidak sembarangan membperbaikinya. Naumn apabila anda merasa takut atau tidak berani memperbaiki sendiri silahkan anda hubungi langsung dari pihak PLN melalui nomor 123.

Baca juga : Inilah Rahasia Kode-Kode Meteran Listrik Prabayar Yang Perlu Anda Ketahui

Nah itulah informasi yang dapat kami share perihal Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Listrik Prabayar Dengan Kode Temper. Semoga pa yang sudah kami share di artikel ini bisa membawa manfaat untuk para pembaca artikel ini. Terima kasih

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Listrik Prabayar Dengan Kode Temper | Kirei Nur Alula | 4.5